INACRAFT 2013: The 15th Jakarta International Handicraft Trade Fair

 

 

Inacraft 2013

 

 

INACRAFT (The Biggest and The Most Complete Exhibition of Gifts and Housewares) kembali diselenggarakan untuk ke-15 kalinya, selama lima hari mulai 24 – 28 April 2013 bertempat di Jakarta Convention Center, Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Pameran kerajinan Indonesia terbesar yang diselenggarakan setiap tahun sejak tahun 1999 ini diselenggarakan oleh Asosiasi Eksportir dan Produsen Kerajinan Indonesia (ASEPHI) bekerjasama dengan PT Mediatama Binakreasi, dan didukung oleh beberapa Kementerian dan BUMN yang terkait dengan pembinaan pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan Koperasi.

 

INACRAFT 2013 diikuti oleh kurang lebih 1600 peserta perusahaan kerajinan baik produsen maupun eksportir dari 33 provinsi di Indonesia, menempati 1218 stan dengan luas area 24.080 m2, dengan jumlah peserta individu yang meningkat hingga 747 stan, dinas sebanyak 285 stan, BUMN sebanyak 183 stan dan peserta luar negeri sebanyak 3 stan, yang menempati hall Assembly 1 diantaranya adalah negara Thailand, Iran, dan Malaysia. Seperti tahun lalu, jumlah pengunjung pameran selama lima hari diperkirakan akan mencapai 200 ribu pengunjung. Para pengunjung INACRAFT tidak hanya berasal dari daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang dan Bekasi saja, banyak pengunjung dari luar pulau Jawa yang datang seperti Bali, Lombok, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan papua. Terdiri dari berbagai profesi mulai dari pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, pengusaha, para agen sampai kolektor. Disamping itu, melalui pendaftaran media on-line, sekitar 650 buyer luar negeri  telah menyatakan akan datang, diantaranya adalah negara Malaysia, Singapura, Timur Tengah, Thailand, Srilanka, dan Australia, dengan jumlah prosentase terbanyak dari negara Malaysia. Diperkirakan, jumlah buyer yang akan mengunjungi pameran INACRAFT akan mencapai 1000 orang. Sementara itu, transaksi dagang diharapkan akan meningkat 7,5 % lebih besar dari tahun lalu yang mencapai 203 milyar dengan rincian 88 Milyar hasil kontak bisnis dan penjualan retail sebesar Rp 115 milyar lebih.

 

Dengan tema sentral From Smart Village to Global Market, INACRAFT 2013 dimaksudkan untuk memfasilitasi produk-produk kerajinan Indonesia untuk dapat naik ke jenjang yang lebih tinggi serta mengangkat derajat produk kerajinan Indonesia yang memiliki nilai jual agar mampu bersaing dengan produk-produk asing sejenis di pasar internasional. INACRAFT 2013 mengangkat sub tema ”Towards the Global Market through the Environmantally Friendly Handicraft” adapun maksud dan tujuan pameran ini memberi prioritas produk-produk yang ramah lingkungan yang didasarkan pada pemanfaatan bahan baku produk yang tersedia di Indonesia maupun proses pembuatannya. Dewasa ini produk ramah lingkungan menjadi produk yang diperhitungkan dalam skala industri kerajinan di dunia dan semakin diminati oleh pasar nasional maupun internasional.

 

INACRAFT 2013 mempersembahkan ”Remarkable East Java” sebagai ikon utamanya dengan tujuan mengeksplorasi kekayaan handicraft Jawa Timur yang memiliki potensi produksi kerajinan yang besar serta peluang bisnis yang baik untuk dikembangkan sehingga menjadi produk unggulan yang nantinya mampu mengambil bagian dalam meningkatkan ekpor produk kerajinan Indonesia. Ikon ini akan terlihat sangat kental dengan menghadirkan nuansa Jawa Timur di seluruh area pameran mulai dari main gate, panggung opening ceremony, hanging banner di dalam dan luar area pameran, pertunjukan seni serta stan ikon Jawa Timur di Main Lobby.

 

INACRAFT tidak hanya sekedar kegiatan pameran yang mengutamakan segi transaksi jual beli saja, maka dari itu Tahun ini INACRAFT Award kembali diselenggarakan dengan maksud memberikan apresiasi kepada produk unggulan khas Indonesia, dengan adanya INACRAFT Award, dapat memacu dan mengasah kreativitas perajin untuk selalu melakukan inovasi terhadap produknya.

Selain INACRAFT Award, akan diselenggarakan juga seminar tepatnya di ruang Merak. Dengan kapasitas peserta mencapai 100 peserta. Seminar tersebut diadakan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap persaingan yang terjadi di industri kerajinan yang inovativ. Selain itu INACRAFT 2013 memberikan kesempatan konsultasi bisnis yang akan diselenggarakan di area Lower Lobby dengan tenaga ahli dari CBI Rotterdam, Belanda, dan AHPADA Bangkok,

 

Barang-barang kerajinan yang dipamerkan antara lain berbagai produk kerajinan dari tekstil seperti batik, tenunan, bordir, songket, ikat dan beragam assesoris, kerajinan kayu seperti patung, furniture berukir, bingkai lukisan, mainan edukasi untuk anak-anak dan sebagainya; barang-barang perhiasan dari emas, perak dan batu permata; barang kerajinan keramik, pottery dan gerabah; home decoration dan ribuan jenis barang kerajinan lainnya.

One thought on “INACRAFT 2013: The 15th Jakarta International Handicraft Trade Fair

  1. I like the valuable info you provide in your articles.
    I will bookmark your blog and check again here regularly.
    I’m quite sure I will learn lots of new stuff right here!
    Best of luck for the next!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s