Suasana Kampung di Rumah Modern

SYAHDUNYA SUASANA KAMPUNG DI RUMAH MODERN
Memadukan suasana kampung dengan gaya tropis modern karena nilai sentimental. Tercipta desain padu yang menyatukan rasa tradisional dengan nuansa kekinian.

TAMAN-RUMAH-MODERN-130429_idea650x430Satu kata untuk menggambarkan konsep rumah ini: padu. ”Desainnya mencoba membaurkan antara ruang dalam dengan ruang luar, antara modern dengan tradisional, antara material finished dengan unfinished, juga antara pola kebiasaan berdasarkan tradisi dengan pola hidup modern,” ujar Fedy Trinugroho,arsitek dari rumah dua lantai ini.

Alasan sentimental masa lalu danke penasaran pada modernitas, membuat Fedy menerapkan konsep padu tersebut untuk kediaman orangtuanya. Ia memahami bahwa ayahnya, Soeparmono,yang pensiunan TNI AngkatanLaut, ingin memiliki rumah dengan “rasakampung” tapi juga tak melepaskan unsur kekinian.

K.TIDUR-RUMAH-MODERN-130429_idea650x430

Rumah tropis modern dengan sentuhan roster dan bambu pun terwujud.Bambu dan roster dipilih sebab kedua material ini memiliki poldan kekhasan unsur modern dan memberi ruang untuk hadirnya unsur sentimental beraromatradisional.

Bambu banyak digunakan sebagai pembatas yang bersifat menaungi. Aplikasinya terlihat di ruang makan serta antara dapur dan selasar. Sementara roster diaplikasikan pada ruang yang membutuh kanprivasi, tapi masih bisa kontak visual dengan ruang setelahnya.KOLAM-RUMAH-MODERN-130429_idea650x430 (1)

Pemilik rumah, yang sudah memiliki beberapa cucu, terkadang memerlukan ruang yang lapang untuk pengajian, arisan,dan kumpul-kumpul keluarga. Maka ada ruang yang dirancang agar dapat meluas. Ruang ini adalah ruang tamu dan ruang keluarga, yang hanya dibatasi dividernon permanen bermaterial benang.

Di balik ruang keluarga, yang dibatasi jendela-jendela kaca setinggi plafon, terdapat ruang makan. Posisi ruang makan di luar ruang. Dengan batas antarruang  yang transparan, tercipta kesan menyatu antara ruang yang di dalam dengan yang di luar.

KOLAM-RUMAH-MODERN-130429_idea650x430

Foto: Dok. iDEA/Tri

Sumber: iDEA Books, “Rumah Masa Kini”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s