Yuk, Bersih-Bersih Setelah Hari Raya

 

hari raya

 

 

Selain meninggalkan kenangan manis bersilaturahmi dan berkumpul bersama sanak saudara, Lebaran pun meninggalkan sejumlah pekerjaan rumah. Ada baiknya di akhir pekan ini Anda meluangkan waktu untuk bersih-bersih, mumpung masih dalam suasana liburan dan anggota keluarga masih komplet di rumah.

Untuk membuat interior rumah menjadi cemerlang kembali ada banyak bahan alami yang mudah didapat. Selain murah, bahan-bahan tersebut juga aman untuk kesehatan Anda. Nah tips berikut ini mungkin bermanfaat untuk Anda yang mau bersih-bersih rumah seusai merayakan Hari Kemenangan, seperti dikutip dari laman Annahape.

1. Karpet dan sofa

Sofa dan Karpet mungkin salah satu bagian interior rumah yang paling sering terkena noda sisa makanan. Selain menimbulkan bau yang tak sedap, bekas makanan dan minuman yang tumpah mungkin menimbulkan noda.

Gunakan baking soda yang dicampur air. Aduk sampai kental atau gunakan pasta. Bila nodanya cukup kuat atau dalam Anda dapat menambahkan beberapa tetes sabun cuci piring ke adonan. Oleskan pasta tersebut pada noda, gosoklah dengan spon. Lalu angkat kotoran dengan kain basah. Setelah itu lap dengan kain kering.

Anda juga dapat memanfaatkan baking soda untuk menghilangkan bau pada karpet. Caranya, dengan menaburkan baking soda di permukaan karpet 15-30 menit. Bila bau cukup menyengat Anda dapat mendiamkan dulu semalaman. Setelah itu, gunakan penyedot debu seperti biasanya. Selain itu baking soda dapat menyerap bau di lemari es, kloset, lemari pakaian atau tempat-tempat tertutup lainnya.

2. Piring dan gelas

Gelas dan piring mungkin tidak bersih sempurna setelah dicuci. Gunakanlah cuka putih atau perasan lemon yang dicampur dengan air hangat. Semprotkan pada gelas dan piring dan kemudian cucilah seperti biasa.

3. Pengharum ruangan
Manfaatkan kayu Manis, Cengkeh dan Minyak Vanilla untuk pengharum ruangan. Ketiganya adalah bahan alami (rempah-rempah) yang mudah Anda dapat. Caranya basahilah kapas dengan minyak vanilla. Letakkan di sudut-sudut ruangan. Sementara kayu manis dan cengkeh dibungkus kain dan direbus, kemudian uapnya dapat dipakai untuk pengharum ruangan.

 

Sumber : Okezone

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s